Sabtu, 08 Maret 2014

Iran dan Indonesia Bisa Lawan Ekstremisme dan Sektarianisme


Hubungan Indonesia-Iran
Iran dan Indonesia Bisa Lawan Ekstremisme dan Sektarianisme

Islam Times -
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan Iran dan Indonesia memiliki hal-hal yang diperlukan untuk melawan sektarianisme dan ekstremisme.

Dalam pertemuan dengan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Jumat (7/3/14), Zarif menambahkan bahwa kedua negara dapat bekerja sama demi memajukan kepentingan bersama.

"Tehran percaya bahwa potensi kedua negara penting dari dunia Muslim [Iran dan Indonesia] dapat dimanfaatkan untuk memperkuat persatuan Islam dan menyelesaikan masalah umat Islam termasuk sektarianisme dan ekstremisme," kata Menlu Iran itu.

Zarif juga menyampaikan pesan Presiden Iran Hassan Rouhani tentang persahabatan kedua negara untuk Presiden Indonesia.

Zarif menekankan pentingnya meningkatkan hubungan timbal balik dan berkata, "Tidak ada hambatan dalam perluasan hubungan Tehran-Jakarta."

Zarif mencatat bahwa kedua negara memiliki interaksi yang baik dan terus berkembang di bidang petrokimia, minyak dan gas. Dia juga mendesak kedua negara untuk meningkatkan investasi bersama dan kerjasama perbankan.

Sementara Presiden Indonesia mengatakan, kedua negara memiliki pertumbuhan hubungan dan peluang besar yang harus diidentifikasi. Presiden Yudhoyono mencatat bahwa Iran dan Indonesia memiliki peran penting dalam menyelesaikan krisis regional.

Zarif tiba di Jakarta hari Rabu (5/3/14) setelah melakukan kunjungan dua hari ke Jepang.[IT/r]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar