Senin, 10 Maret 2014

Pasukan Pro-Rusia Menduduki Pangkalan Militer Crimea


Pasukan Pro-Rusia Menduduki Pangkalan Militer Crimea
Senin, 2014 Maret 10

Kementerian Pertahanan Ukraina mengklaim bahwa pasukan pro-Rusia telah menduduki sebuah pangkalan udara di Republik Otonomi Crimea.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina di Crimea pada hari Ahad (9/3) mengatakan bahwa kelompok bersenjata memblokir pintu masuk ke bandara militer dekat wilayah Saki dan mendirikan pos-pos yang dilengkapi senapan mesin di sepanjang landasan, demikian dilaporkan Reuters.

Militer Rusia sendiri telah menguasai sejumlah titik strategis di Crimea, termasuk pangkalan udara Belbek dekat kota Sevastopol dan bandara sipil utama di Simferopol, pusat administrasi Republik Otonom Crimea.

Banyak warga Crimea meminta bantuan dari Rusia pasca penggulingan mantan presiden Ukraina, Viktor Yanukovych.

Rusia mengirim pasukannya ke Crimea setelah parlemen Rusia memberi lampu hijau kepada Presiden Vladimir Putin untuk menggunakan angkatan bersenjata "untuk melindungi kepentingan Rusia di wilayah itu."

Pekan lalu, Kementerian Luar Negeri Rusia menegaskan bahwa Moskow harus merespon seperti yang dipicu oleh "kebijakan gegabah dan aksi tidak bertanggung jawab Washington."

AS dan sekutu Eropanya berulang kali mengancam akan memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas aksi-aksinya di Ukraina, khususnya mengerahkan pasukan di wilayah Crimea.(IRIB Indonesia/MZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar