Senin, 14 April 2014

Boroujerdi : Intervensi AS-Barat Menyebabkan Penyebaran Terorisme


Boroujerdi : Intervensi AS-Barat Menyebabkan Penyebaran Terorisme
Selasa, 2014 April 15

Ketua Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Majlis (parlemen) Republik Islam Iran Alaeddin Boroujerdi mengatakan, campur tangan Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya telah menyebabkan penyebaran terorisme dan menciptakan krisis di kawasan.

Hal itu disampaikan Boroujerdi dalam pertemuan dengan Ketua Komisi untuk Hubungan Luar Negeri di Dewan Nasional Afrika Selatan Fatima Hajaig, Senin (14/4).

Ia menandaskan, perluasan hubungan parlemen antara Iran dan Afrika Selatan akan memainkan peran penting dalam memperkuat kerja sama bilateral di segala bidang.

Terkait sanksi tidak adil Barat terhadap Iran atas program nuklirnya, Boroujerdi menuturkan, "Tiga dekade setelah sangksi AS dan Barat, Republik Islam Iran mencapai kemajuan diberbagai bidang sains dan teknologi dengan mengandalkan kemampuan dan para ahli dalam negeri."

Sementara itu, Hajaig mengatakan bahwa Iran adalah negara penting di Timur Tengah dan dunia Muslim.

Ia menekankan pentingnya untuk mempromosikan hubungan bilateral antara Afrika Selatan dan Iran.

Ketua Komisi untuk Hubungan Luar Negeri di Dewan Nasional Afrika Selatan itu lebih lanjut mengkritik sanksi sepihak AS dan Barat terhadap bangsa Iran dan menekankan bahwa setiap negara memiliki hak untuk menggunakan energi nuklir untuk tujuan damai.

Mengenai perkembangan di Timur Tengah, khususnya krisis di Suriahyang disponsori oleh kekuatan-kekuatan asing, Hajaig menuturkan, apa yang disebut sebagai pendukung Hak Asasi Manusia dan demokrasi di dunia adalah akar penyebab instabilitas dan penyebaran terorisme di Timur Tengah dan Afrika Utara.(IRIB Indonesia/RA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar