Sabtu, 19 April 2014

Nasihat Imam Husein as : Mendahului Ucapkan Salam


Nasihat Imam Husein as : Mendahului Ucapkan Salam
Sabtu, 2014 April 19

Imam Husein as berkata:

"Mengucapkan salam akan mendapat 70 pahala, yang mengucapkan salam akan mendapat bagian 69 pahala dan hanya 1 bagian yang akan diterima orang yang menjawab salam." (Tuhaf al-Uqul, hal 253)

Satu dari nilai-nilai akhlak dalam hubungan sosial adalah mendahului dalam mengucapkan salam kepada orang lain. Nabi Muhammad Saw dan para Imam as senantiasa lebih dahulu mengucapkan salam kepada orang lain. Karena perbuatan ini menambah sikap tawadu dan rendah hati orang yang melakukannya dan dapat memusnahkan sifat sombong yang buruk. Selain itu, perbuatan ini juga mendapat pahala yang luar biasa banyaknya.


Pentingnya salam :

Suatu hari ada seorang yang bertemu dengan Imam Husein as dan sebelum mengucapkan salam, ia langsung berbicara dan menanyakan keadaan. Imam langsung memotong pembicaraannya, "Semoga Allah memberikan keselamatan kepadamu. Ucapkan salam sebelum bertanya dan berbicara tentang keadaan." Setelah itu beliau melanjutkan, "Bila ada seseorang yang tidak mengucapkan salam kepadamu, maka jangan berikan kesempatan ia berbicara." (Tuhaf al-Uqul, hal 250)


Buruk tidak mengucapkan salam :

Imam Husein as berkata, "Orang kikir adalah mereka yang tidak mau mengucapkan salam." (Farhang Jame Sokhanan Imam Husein as, hal 813)

(IRIB Indonesia / Saleh Lapadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar