Kamis, 23 Januari 2014

Perang Antar Sesama Militan Suriah Telan Korban Besar

Perang Antar Sesama Militan Suriah Telan Korban Besar
Jumat, 2014 Januari 24

Hampir 1.400 orang tewas di Suriah sejak perang meletus antara kelompok-kelompok militan yang didukung asing di negara Arab itu.

Observatorium HAM Suriah mengatakan, Kamis (23/1) bahwa bentrokan antara teroris Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL) dan kelompok militan lainnya telah menewaskan 1.395 jiwa sejak 3 Januari.

Sumber oposisi itu menambahkan, 760 dari mereka yang tewas adalah militan asing yang bergabung dengan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) untuk berperang melawan militan ISIL.

Sekitar 190 warga sipil juga tewas dalam pertikaian mematikan itu, kata observatorium.

"Angka tersebut juga termasuk 426 militan ISIL dan sisanya 19 orang tidak teridentifikasi," tambahnya.

Pertikaian meletus ketika FSA melancarkan serangan di utara Suriah terhadap militan Al Qaeda. Oposisi Suriah menuduh militan Al Qaeda melakukan pelanggaran sistematis di daerah-daerah di bawah kendali mereka.

Pertempuran antara militan dilaporkan telah memperkuat pandangan di antara para pemimpin Barat bahwa mereka tidak bisa menjadi alternatif yang tepat untuk pemerintah Suriah saat ini.

Krisis di Suriah dimulai sejak Maret 2011. Menurut data PBB, lebih dari 100.000 orang tewas dan jutaan lainnya mengungsi akibat kekerasan. (IRIB Indonesia/RM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar