Rabu, 15 Januari 2014

Tujuan Uni Eropa, Embargo Total Ekonomi Israel

Tujuan Uni Eropa, Embargo Total Ekonomi Israel
Rabu, 2014 Januari 15

Uni Eropa mengajak negara-negara lain untuk mengembargo rezim Zionis Israel dan memutuskan hubungannya dengan rezim tersebut.

Surat kabar Israel, Maariv seperti dikutip Qodsna (14/1) melaporkan, para Duta Besar Israel di negara-negara Eropa mengatakan, tujuan Uni Eropa tidak hanya memboikot perusahaan-perusahaan ilegal di Tepi Barat, Baitul Maqdis Timur dan Dataran Tinggi Golan, tapi mereka ingin mengembargo secara total Israel.

Ditambahkannya, "Dubes-dubes Israel yang hadir dalam sidang tahunan Kementerian Luar Negeri Israel memperingatkan dampak buruk pelaksanaan program ini terhadap Tel Aviv."

Salah satu petinggi Kemenlu Israel dalam sidang itu menuturkan, "Tujuan Uni Eropa adalah menyebarkan kebencian terhadap Israel." Menyinggung masalah sanksi yang dijatuhkan Lembaga Dana Pensiun terbesar Belanda kepada bank-bank Israel, ia mengatakan, "Uni Eropa mengajak negara-negara lain untuk mengembargo dan memutuskan hubungannya dengan Israel."

Mengutip seorang pejabat Israel yang dipecat, Maariv menulis, "Jika kebuntuan perundingan damai dan ancaman-ancaman Uni Eropa serta penghentian bantuan lembaga itu kepada Palestina terus berlanjut, kondisi keamanan di kawasan akan semakin parah. Israel tidak dapat mengontrol kondisi keamanan kawasan."

Menurut Maariv hubungan Uni Eropa dan Israel bergantung pada hasil perundingan. Lebih dari itu, jika pembangunan distrik-distrik Israel di wilayah pendudukan berlanjut, hubungan Uni Eropa dan Israel akan semakin buruk.

Seorang pejabat di Kemenlu Israel mengatakan bahwa Tel Aviv tidak bisa menerima sanksi-sanksi yang dijatuhkan Uni Eropa. "Jika Israel tidak merubah kebijakan-kebijakannya dan pembangunan pemukiman di wilayah pendudukan tidak dihentikan, Uni Eropa tidak hanya akan memboikot pembangunan pemukiman Israel, mereka bahkan akan mengembargo Israel secara total." (IRIB Indonesia/HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar